Wednesday, April 5, 2017

System Android Menggunakan Karnel Linux

System Android Menggunakan Karnel Linux

Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android awalnya dikembangkan oleh Android, Inc., dengan dukungan finansial dari Google, yang kemudian membelinya pada tahun 2005. Sistem operasi ini dirilis secara resmi pada tahun 2007, bersamaan dengan didirikannya Open Handset Alliance, konsorsium dari perusahaan-perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, dan telekomunikasi yang bertujuan untuk memajukan standar terbuka perangkat seluler. Ponsel Android pertama mulai dijual pada bulan Oktober 2008. [Wikipedia]

Aplikasi
kalian mungkin sering banget copot pasang aplikasi, karena terkadang ada salah satu aplikasi yang memakan ruang system kalian. kenapa bisa gitu? karena linux pada dasarnya open source kan jadi aplikasi yg kita pasang bisa bebas mengatur apa saja di android kita termasuk penggunaan ruang system. tapi ada batasnya juga sebuah aplikasi tidak bisa seenaknya, karena ada batas privasi dan sebagainya. 

Bahasa Pemrograman
Di dalam sebuah system pasti ada program. android sendiri memakai bahasa pemrograman C (inti), C++, Java (UI). begitu pula dengan Linux yang memakai bahasa pemrograman yang sama. banyak kesamaannya jadi android berasal dari bahan dasar yang sama seperti linux Dekstop. 

HTC Dream, Ponsel Android Pertama
Telepon seluler komersial pertama yang menggunakan sistem operasi Android adalah HTC Dream, yang diluncurkan pada 22 Oktober 2008. Pada tahun 2010, Google merilis seri Nexus; perangkat telepon pintar dan tablet dengan sistem operasi Android yang diproduksi oleh mitra produsen telepon seluler seperti HTC, LG, dan Samsung. HTC bekerja sama dengan Google dalam merilis produk telepon pintar Nexus pertama.

Kernel Linux
Android menggunakan kernel Linux sebagai bahan dasarnya. Karena Linux system open source, para pengembang Android dari Google bisa memodifikasi kernel Linux sesuai dengan kebutuhan mereka. Linux memberikan para pengembang Android versi mentahnya/pre-built, kernel sistem operasi yang sudah di pelihara dengan baik sehingga mereka tidak perlu menulis kernel mereka sendiri. begitu juga dengan PlayStation 4 yang menggunakan kernel open-source FreeBSD.

Gambar Pemanis :*
 








*Demikian catatan singkat dari saya. karena saya hanyalah pengguna pemula Linux & semoga bermanfaat.
sumber data sebagian dikutip dari berbagai sumber.

No comments:
Write komentar

Translate