Monday, April 24, 2017

Apa Itu Unix dan Perbedaannya Dengan Linux

Apa Itu Unix dan Perbedaannya Dengan Linux

Pada dasarnya mereka itu sama tapi ada beberapa perbedaan dari pemikiran masyarakat. Linux dan Unix keduanya memang merupakan OS open source. Dari segi keamanan Linux dianggap lebih unggul dalam hal ancaman virus. karena linux merupakan sistem operasi yang sudah berkembang dan sudah banyak perbaikan dari pihak perusahaan maupun komunitas masyarakat jadi setiap kali user terkena virus ia melapor kepada pihak pengembang sistem operasi dan membantunya. Sedangkan Unix merupakan sistem operasi user harus menunggu untuk patch anti-virus dari produsen. Sehingga dapat dikatakan bahwa dalam segi keamanan Linux dapat dinilai lebih unggul dari Unix. 

Unix merupakan Sistem Operasi Komputer yang diawali dari project Multics (Multiplexed Information and Computing Service) yang di kembangkan oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie, yang kemudian dikembangkan lebih lanjut oleh AT&T Bell Labs. sedangkan 
Linux merupakan Sistem Operasi yang awalnya dikembangkan oleh Linus Torvalds yang di khususkan untuk emulasi terminal untuk mengakses server berbasis Unix yang terpasang di Universitas tempatnya menuntut ilmu, yang di kembangkan oleh Linus Torvalds adalah salah satu varian Unix yang bernama MINIX. 

Kemudian Linux Didistribusikan dan Dikembangkan oleh Komunitas dari seluruh dunia, tapi perbedaan yang paling terlihat adalah Unix sering dipakai/digunakan untuk kebutuhan workstation atau server. sedangkan Linux sering digunakan untuk masyarakat luas seperti penggunaan OS komputer atau laptop.

*Demikian catatan singkat dari saya. karena saya hanyalah pengguna pemula Linux & semoga bermanfaat.

Sumber data sebagian dikutip dari berbagai sumber.

No comments:
Write komentar

Translate