Tuesday, April 18, 2017

Distro Linux Buatan Indonesia

Distro Linux Buatan Indonesia

Selamat membaca, catatan saya kali ini termotifasi dari hasil tayangan kemarin TeaLinux yg mencapai 100+ kali tayang [TeaLinux - Nikmatnya Sebuah Racikan]. sebuah motifasi bagi saya untuk terus berkarya. pada kesempatan kali ini saya kembali menguak Linux buatan indonesia. sebelumnya kita sudah membahas TeaLinux tapi bukan hanya itu saja, di indonesia Distro linux cukup banyak dan lengkap. dari Distro Untuk Pendidikan, Perkantoran bahkan untuk pedesaan. Untuk militer juga ada tapi tidak di publikasikan kenapa saya bilang begitu? karena saya pernah lihat di salah satu tv nasional yang menayangkan TNI AL pada waktu itu. Berikut ini adalah Distro Linux buatan anak bangsa yang sudah populer di dunia perlinuxan.

1. IGOS Nusantara

 IGOS Nusantara atau yang biasa dikenal dengan IGN merupakan project Linux yang dikembangkan oleh Pusat Penelitian Informatika Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia bersama komunitas linux. pengembang Linux IGN sudah mengeluarkan banyak sekali versi perbaikan dari 2006 sampai sekarang. sudah banayak bug yang sudah diperbaiki. IGOS Nusantara 12.12 telah rilis pada tanggal 12-12-2016.
2. TeaLinux OS

TeaLinuxOS adalah linux turunan Ubuntu yang dikembangkan oleh Dinus Open Source Community (DOSCOM) linux ini di khususkan untuk dunia pendidikan. walaupun begitu semua orang bisa untuk memakainya karena Linux ini mudah sekali di pahami bahkan Linux ini cocok untuk kalian yang baru mengenal linux. 
3. DracOs Linux

Drac0s Linux merupakan satu-satunya distro Linux asli Indonesia yang fokus di bidang penetration testing. mungkin di dunia IT linux ini sudah dikenal banyak orang. Pengembangannya dimulai oleh Zico Ekel pada tahun 2015. versi ke 2 DracOS Linux v.2 dengan kode name "LEAK". versi selanjutnya adalah DracOs V.3 dengan Codename "KUNTILANAK"
Selengkapnya tentang DracOs Linux
4. Grombyang OS

Grombyang OS adalah pengembangan atau remastering salah satu distro Linux yakni Ubuntu-mini-remix 14.04.1 oleh grOS-TEAM menjadi sebuah OS distro lokal yang diberi nama Grombyang OS atau biasa di sebut dengan grOS. Linux ini fokous pada dunia pendidikan. versi 2.0 dirilis pada tanggal 23 Agustus 2015.
5. BlankOn

BlankOn merupakan salah satu Linux yang populer di Indonesia. Linux ini di dukung dan dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI), BlankOn Linux diluncurkan pertama kali pada tanggal 10 Februari 2005.
6. Desa OS

Desa OS satulagi Distro Linux yang patut di acungi jempol, kenapa? karena Distro ini merupakan distro Linux yang cocok dipakai di wilayah pedesaan dan uniknya Linux ini bisa diinstal di komputer bersepesifikasi rendah. sangat cocok untuk wilayah pedesaan yang harus kita dukung pembangunannya. salah satunya dengan Linux.

Sudah cukup segitu saja. tapi bukan berarti hanya segitu masih ada lagi seperti Garuda OS, Xenta OS, dll. Distro linux di indonesia lumayan banayak dari berbagai keturunan seprti keturunan Ubuntu, Fedora, Linux Mint, bahkan linux yang di atas bisa di turunkan lagi jika kalaian bisa memodifikasinya. Distro Linux Dan Keturunannya.

*Demikian catatan singkat dari saya. karena saya hanyalah pengguna pemula Linux & semoga bermanfaat.

sumber data sebagian dikutip dari berbagai sumber.

No comments:
Write komentar

Translate