Monday, March 5, 2018

10+ Distro Linux Ringan dan Stabil

10+ Distro Linux Ringan dan Stabil 2018
Sebagian besar linux memang dirancang untuk komputer dengan kemampuan rendah, jadi bisa dibilang semua distro linux yang di buat untuk pengguna publik bisa digunakan di komputer dengan spesifikasi rendah, karena ada juga yang sudah support pilihan 32/64bit tinggal pilih komputer kalin bisa menjalankan yang mana.

Bebereapa distro yang saya rekomendasikan mungkin tidak semunya lancar di komputer yang memeng sangat rendah jadi pilihlah distro yang memang tidak memakan terlalu banyak isi komputer, seperti distro yang sederhana tidak memiliki design yang terlalu bagus. distro yang sederhana sangat ringan dan enak dipakai di komputer yang berspesifikasi rendah. 
Berikut ini Nuxlinux akan memberikan beberapa daftar rekomendasi distro linux yang ringan dan stabil.

Puppy Linux
 
Yang pertama yaitu Puppy Linux, distro ini sangat ringan dengan ukuran yang kecil buat kalian yang memliki komputer spek rendah distro ini sangat cocok untuk kalian pakai bahkan saking kecilnya distro ini bisa berjalan di USB Flashdisk dan CDROM secara Langsung. Puppy Linux sendiri tidak perlu memakan banyak ruang hanya membutuhkan 256MB RAM untuk berjalan dengan baik pada komputer kalian.

Buat kalian yang ingin mencoba Puppy Linux bisa download langsung di http://puppylinux.com/

Linux Mint Xfce
 
Banyak sekali varian linux mint, tetapi yang paling ringan diantara varian yang lain adalah Linux Mint Xfce, salah satu distro linux ringan ini wajib kalian coba karena performanya sangat bagus dan stabil. Tidak diragukan lagi Linux mint memang enak digunakan dan semua versi distro dari linux mint memang sangat stabil. salah satunya distro Linux Mint Xfc, distro ini sangat ringan dengan menggunakan DE Xfce sebagai tampilan desktopnya.

Silahkan download langsung Linux Mint Xfce, buat yang ingin mencoba di https://www.linuxmint.com

Lubuntu
 
Kemudian selanjutnya adalah Lubuntu, bisa dibilang ini adalah saudaranya ubuntu karena ini adalah turunan resmi dari distro Ubuntu. kelebihan dari lubuntu sendiri distro ini lebih ringan dibandingkan saudaranya yaitu ubuntu. karena dirancang lebih ringan, lebih sedikit menggunakan sumber daya dan lebih efisien. untuk DEnya sendiri Lubuntu menggunakan LXDE.

Untuk kalian yang tertarik mencoba bisa download di https://lubuntu.net/

Xubuntu
 
Masih sama seperti yang di atas ini juga saudaranya. Xubuntu dirancang sangat ringan denagan menggunakan Xfce sebagai DEnya. tidak diragukan lagi DE Xfce memang sangat mendukung untuk komputer dengan spesifikasi rendah. Xubuntu sendiri dirancang untuk komputer dengan kinerja rendah agar lebih efisien dalam bekerja.

Jika kalian tertarik ingin mencoba bisa langsung download di https://xubuntu.org/

Arch Linux
 
Distro yang lainnya yang bisa kalian coba adalah Arch Linux dengan tampilan yang sederhana tetapi sangat enak digunakan untuk pekerjaan  sehari-hari. dengan tampilan yang simpel banyak pengguna linux yang memakai distro ini sebagai OS di perangkat miliknya.

Untuk yang ingin mencobanya bisa download di websitenya https://www.archlinux.org/

Deepin
 
Dengan design yang berbeda deepin memberikan tampilan yang menarik dan berbeda dari distro yang lain. bisa dibilang ini mungkin yang terbaik dalam hal tampilan karena sangat unik dan enak dipandang. untuk kalian yang suka tampilan yang menarik dan enak digunakan linux ini mungkin bisa kalian coba.

Bagi kalian yang jatuh cinta dengan tampilan deepin bisa kalian coba untuk memasangnya, silahkan download di https://www.deepin.org/

Elementary OS
 
Diluar sana elementary OS banyak digunakan. Di amerika sendiri ini adalah salah satu distro yang lumayan banyak digunakan para pengguna linux. elementary OS sendiri adalah sebuah distro linux yang berbasiskan pada Ubuntu. distro ini menggunakan Gala sebagai Window managernya, yang berbasis pada mutter windows manager.

Buat kalian yang ingin mencobanya bisa unduh di https://elementary.io/id/

Linux Lite
Salah satu distro linux yang cepat, kecil dan ringan, Linux Lite dibangun berdasarkan Debian dan Ubuntu. Tujuan Linux Lite adalah mengenalkan pengguna Windows ke Linux. Linux Lite sangat cocok untuk kalian yang memang memiliki spesifikasi rendah, karena linux ini sangat kecil.

Buat kalian yang ingin mencoba, langsung saja download di https://www.linuxliteos.com/

Fedora
 
Siapa yang tidak mengenal linux Fedora, linux yang banyak kegunaannya ini sangat banyak diminati terutama untuk pemegang server. tampilannya yang sederhana dan mudah digunakan menjadi pilihan yang terbaik untuk mencobanya. Fedora sendiri dikembangkan oleh Fedora project yaitu sebuah komunitas dari seluruh dunia.

Donwload osnya di https://getfedora.org/id/

Bodhi Linux
 
Yang terakhir, ini juga salah satu Disro linux yang dibangun berbasis pada distro ubuntu. Filosofi dari distro linux ini sendiri adalah menyediakan sistem dasar minimal, sehingga kalian dapat memasang sendiri dengan perangkat lunak yang kalian inginkan.

Ingin tau lebih lanjut atau download Osnya di website resminya di http://www.bodhilinux.com/


Di atas adalah rekomendasi distro linux ringan tapi bukan yang diurutkan dari yang terbaik sampai paling baik. tergantung apa spesifikasi dan apa tujuan kalian install linux. agar nyaman dalam menggunakannya. sebenarnya masih banyak linux lain yang mungkin bagus. Silahkan cari saja jika kurang yakin, kerena bukan blog ini saja yang merekomendasikan linux ringan.
Terakhir dari saya, Semoga catatan singkat di atas dapat membantu sahabat linux.

No comments:
Write komentar

Translate