Friday, March 17, 2017

Apa Itu Linux?

Apa Itu Linux GNU?

Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.
Nama "Linux" berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Selengkapnya [id.wikipedia.org/wiki/Linux]

kalau kata Linux.or.id Linux adalah Unix clone, kernel nya ditulis oleh Linus Torvalds dan dikembangkan dengan bantuan programer dan hackers dari seluruh dunia. Selengkapnya [pemula.linux.or.id] 

intinya sama saja mengacuh ke pengertian dan pengembangan, Linux juga memiliki semua feature yang dimiliki oleh Unix, mendukung banyak software mulai dari TEX, X Window, GNU C/C++ sampai ke TCP/IP.
sistem operasi Linux disebarkan secara luas di internet kalian tinggal Download secara gratis, Linux sendiri di Publikasikan di bawah lisensi GNU General Public License (GPL). yang saya suka dari linux adalah sistem operasinya yang bersifat Open Source jadi gampang buat di ubah/di pelajari. 
Dan jangan salah sangka dari segi sejarah Linux bukanlah sistem Unix yanng resmi. dari leluarga Unix. walaupun begitu linux punya dasar sifat warisan dari Unix seperti budaya, arsitektur dan pengalaman operating sistem Unix selama 28 tahun lebih. Sejak munculnya Linux source code pada tahun 1991.
begitulah singkat cerita dan penjelasan dari saya. 

*Demikian catatan singkat dari saya. semoga dapat bermanfaat.
Sumber data sebagian dikutip dari berbagai sumber.

No comments:
Write komentar

Translate