Saturday, March 25, 2017

Apa itu Arch Linux?

Apa itu Arch Linux


Dikutip dari Wikipedia
Arch Linux (dikenal juga dengan ArchLinux atau Arch) adalah sebuah distribusi Linux untuk komputer i686 dan x86_64 yang didesain untuk menjadi ringan dan sederhana.

Pendekatan desain pengembang distro ini berfokus pada kesederhanaan, kebenaran program dan minimalisme. "Kesederhanaan" didefinisikan sebagai "tak perlu tambahan, modifikasi, atau komplikasi" sesuai sudut pandang pengembangnya, bukan sudut pandang pengguna. [Wikipedia]

Dikutip dari Website Arch Linux

Apakah Arch Linux?
Arch Linux (atau Arch) adalah sebuah distro i686/x86-64 yang dikembangkan secara independen berdasarkan model paket rolling-release. Pendekatan desain pengembang distro ini berfokus pada minimalisme, keanggunan kode, kebenaran program dan modernitas. Versi 0.1 (Homer) telah dirilis pada 11 Maret 2002. [Archlinux]

Arch menyajikan lingkungan installasi yang sederhana karena Arch tanpa GUI itulah yang membuat installasinya sangat sederhana namaun dalam proses instalasi ini jugalah kalian dapat menyita waktu karena lamanya installasi dan dalam menginstal kalian harus terkoneksi ke dalam jaringan internet. tapi yang saya suka dari Arch Linux adalah keuntungannya, kalau bicara tentang keuntungan pasti mendekati kelebihan jadi apakah keuntungannya?

Sangat ringan, Fleksibel & Sederhana karena Arch lebih mementingkan struktur code yang tidak memberatkan dalam penggunaan. menurut Arch Linux Filosofi dalam Desain dan implementasinya membuatnya mudah untuk dikembangkan dan dibentuk menjadi sistem apapun yang kalian buat dari konsol minimalis hingga desktop mewah yang kaya fitur. cocok buat developer yang mau mengembangkan Linux. untuk kebutuhan sendiri maupun di distribusikan lagi.

Namaun kekurangan Arch sendiri yaitu pada Paket walaupun teidak banyak seperti temannya yaitu Debian saat mendownload paket paket Arch sangat memakan waktu karena ukurannya yang sangat besar walaupun sedikit tapi Arch belum menggunakan Delta Package. sehingga ukuran paket yang di download relatif besar.

perusahaan / pengembang Arch Linux yaitu Aaron Griffin dan tim komunitas. termasuk ke dalam keluarga Unix-like. dirilir perdana pada 11 maret 2002. Dukungan platform i686, x86-64.
Situs web resmi Arch Linux : www.archlinux.org


*Demikian catatan singkat dari saya. semoga dapat bermanfaat.
Sumber data sebagian dikutip dari berbagai sumber.

No comments:
Write komentar

Translate