Wednesday, March 22, 2017

Apa Itu Linux Debian?

Linux Debian

Linux Debian
Debian adalah sistem operasi komputer yang tersusun dari paket-paket perangkat lunak yang dirilis sebagai perangkat lunak bebas dan terbuka dengan lisensi mayoritas GNU General Public License dan lisensi perangkat lunak bebas lainnya. Debian Linux memuat perkakas sistem operasi GNU dan kernel Linux merupakan distribusi Linux yang popmuler dan berpengaruh. 
Linux Debian di Indonesia
Sama seperti sistem operasi F/OSS (Free/Open Source Software) lainnya, di Indonesia perkembangan Debian berawal dari dunia kampus dengan memanfaatkan jaringan internal kampus, tumbuh pengguna dan komunitas Debian Indonesia. Selengkapnya [Wikipedia]

Dalam perkebangannya Debian banyak diginakan dan di kembangkan, salah satnya oleh komunitas di indonesia. karena banyak memiliki kelebihan seperti kontrol kualitas yang tinggi, kualitas yang sangat baik dan konsisten serta jumlah paket yang sangat besar. Pengaturan seprti Perangkat lunak pada distribusi Debian GNU/Linux merupakan hal yang sangat bagus. Dengan lebih dari 15000 paket binary, pengguna bebas untu memilih paket-paket mana saja yang diinginkan, tanpa harus melakukan kompilasi sendiri.

Sedikit info dari saya bahwa Debian GNU / Linux dirilis mencakup total 173 paket diperbarui. update terutama membahas 87 bug dan 86 masalah keamanan penting. Selain perbaikan bug dan keamanan, diperbarui Debian GNU / Linux yang dilengkapi dengan komponen baru. banyak pembaruan dan pengembangan pada Debian Linux. jadi itu sebabnya kalian harus melirik & tertarik terhadap Linux yang notabene Open Source.
Debian Linux di kembangkan oleh peusahaan Proyek Debian, dan Linux Debian masuk dalam keluarga Unix-like. rilis perdana Debian Linux pada tahun 93. tepatnya pada tanggal 16 Agustus 1993. mendukung pada platform i386, AMD64, PowerPC, SPARC, ARM, MIPS, S390, IA-64. 

Situs web resmi Debian : www.debian.org

*Demikian catatan singkat dari saya, karena saya hanyalah pengguna pemula Linux & semoga bermanfaat.
sumber data sebagian dikutip dari berbagai sumber.

No comments:
Write komentar

Translate