Thursday, March 30, 2017

Apa itu Linux Fedora?

Apa itu Linux Fedora

Fedora (sebelumnya bernama Fedora Core, kadang-kadang disebut juga dengan Fedora Linux) adalah sebuah distro Linux berbasis RPM dan yum yang dikembangkan oleh Fedora Project yang didukung oleh komunitas pemrogram serta disponsori oleh Red Hat. Nama Fedora berasal dari karakter fedora yang digunakan di logo Red Hat. Pada rilis 1 sampai 6 distro ini bernama Fedora Core yang kemudian berubah menjadi Fedora pada rilis ke-7. Fedora dikenal di dunia Linux sebagai sebuah distro yang menjadi pioneer dalam penggunaan teknologi terkini dan merupakan distro yang digunakan oleh Linus Torvalds. [Wikipedian]

Pada Fedora ada apa saja?
1. Fedora Workstation 
Fedora Workstation adalah polesan, sistem operasi yang mudah digunakan untuk komputer laptop dan desktop, dengan perlengkapan yang sangat lengkap untuk developer dan pembuat segalanya. bisa dibilang ini adalah paket-paket yang ada pada fedora, seperti Distro pada umumnya.
2. Fedora Server 
Fedora Server adalah ampuh, sistem operasi yang fleksibel mencakup teknologi datacenter yang terbaik dan terbaru. Ini menempatkan Anda dalam mengendalikan semua infrastruktur dan layanan.
3. Fedora Atomic 
Fedora Atomic memberikan platform terbaik untuk susunan aplikasi Linux-Docker-Kubernetes (LDK) Anda. sebuah hardware/fondasi standar dengan Fedora Atomic ini aplikasi/program dapat berjalan.

Pada 2008 linus torvalds mengatakan bahwa dirinya memakai Fedora karena linux ini memiliki dukungan yang cukup bagus. 
orang yang menggunakan Linux Fedora sangat puas kaarena linux ini memiliki tampilan antarmuka dekstop yang bagus, distro Fedora memiliki banyak fitur karena itu banyak yang memakai linux ini, bukan hanya itu Fedora salah satu linux popoler di amerika sekitar 50% pencinta linux memakai Fedora. dalam system keamannanya sangat baik, dengan menggunakan SElinux (Security- Enchanced Linux)
Di indonesia sendiri Distro linux yang berbasis Fedora adalah IGOS Nusantara

Perusahaan yang mengembangkan Linux Fedora yaitu Fedora Project, (owned by Red Hat, Inc.) tergabung dalam Keluarga Unix-like (independent) mendukung dalam platform i686, x86-64. Lisensi Linux Fedora pada Various free software licenses, plus proprietary binary blobs.

CREENSHOTS


  

Situs web resmi Fedora : www.fedoraproject.org
Official Fedora Indonesia - Komunitas Resmi Fedora Indonesia : http://fedora.or.id
Fedora Workstation : https://getfedora.org

*Demikian catatan singkat dari saya. karena saya hanyalah pengguna pemula Linux & semoga bermanfaat.
sumber data sebagian dikutip dari berbagai sumber.

No comments:
Write komentar

Translate