Wednesday, August 16, 2017

Mengenal Sistem Manajemen Paket GNU/Linux


Selamat belajar buat kalian yang ingin mengenal lebih jauh lagi tentang GNU/Linux, ini adalah artikel dari Migrasi Linux jadi Nux Linux hanya sekedar Share dan menambahkan sedikit tambahan. semoga bermanfaat.
Sebelum jauh tentang sistem manajemen paket Gnu/Linux, kita lihat lebih dahulu tentang apa itu dependensi dan repository.

Dependensi adalah sebuah kumpulan paket aplikasi yang mendukung aplikasi itu terinstal di sistem. Gambaranny seperti ini, bila akan menginstal aplikasi X maka akan membuturhkan paket aplikasi dari A, selain itu paket A juga akan membutuhkan paket aplikasi B, dan begitu seterusnya. Hal seperti ini bisa disimpulkan satu aplikasi saling terkait atau salinig berhubungan dengan satu aplikasi lain yang masih dalam satu kelompok paket aplikasi.

Repository adalah suatu wadah tempat di mana kode sumber itu berada. Berbagai alamat repository dapat kamu pakai sesuai pada distribsi Gnu/Linux yang dipakai. Penulisan alamat repository berawal dari kata deb seperti contoh berikut:
Dalam sistem manajemen paket Gnu/Linux, dibagi menjadi 5 kategori berdasarkan distribusi Gnu/Linux itu sendiri.
  1. Apt-get
  2. Yum
  3. Zipper
  4. Urpmi
  5. Pacman
  6. Tar gz & PKG Tools
Sistem Debian Packages (DPKG)
Penggunaan sistem manajemen ini ada pada keluarga distribusi Debian & Ubuntu. Perintah mendasarnya sebagai berikut:

Sistem Yum (RPM)
Penggunaan sistem menajemen paket YUM (Yellowdog Updater Modified) ada pada distribusi Gnu/Linux Redhat, Centos, Fedora dan keturunannya. Sebagai contoh penggunaan perintah yum antara lain:

Zypper
Untuk manajemen paket zypper sendiri digunakan pada keluagra distribusi Gnu/Linux Suse & OpenSuse. Seperti apa contoh dari perintahnya:

Urpmi
Yang satu ini untuk distribusi Gnu/Linux dari keluarga Mandriva. Seperti apa contoh perintahnya, silakan disimak.

Pacman
Bukan nama permainan jaman dulu. Tapi ini merupakan sistem manajemen paket Gnu/Linux dari keluarga Arch Linux. Beberapa perintah dari sistem ini antara lain:
Bisa digabung dengan perintah:

Tar.gz dan PKG Tools
Sistem manajemen paket ini berbeda dengan yang lain. Kamu bisa menyalin file tar.gz yang sudah diekstrak dan dikonfirgurasi secara manual pada sistemmu. Manajemen paket ini digunakan pada distribusi Gnu/Linux Slackware.

Perintah lain yang digunakan pada sistem ini yakni:

No comments:
Write komentar

Translate