Thursday, July 27, 2017

Beberapa Desktop Environment Linux Populer

Beberapa Desktop Environment Linux Populer

Cinnamon

 
siapa yang tidak mengenal Cinnamon DE default dari Linux Mint ini dikembangkan dari GNOME 3 dan pada awalnya didesain untuk Linux Mint. Cinnamon didesain agar mudah digunakan, bahkan untuk pengguna baru agar merasa familiar.

Unity
 
selanjutnya Desktop Environment Unity, DE ini sangat populer karena keunikannya dan yang paling beda dengan yang lain. digunakan oleh distro Ubuntu sebagai DE default. DE ini sendiri dikembangkan oleh Canonical dan sama seperti Cinnamon, Unity juga berbasis dari GNOME 3.

GNOME
 

Gnome merupakan salah satu DE yang sangat populer. tentu saja karena tampilannya yang terkesan elegan dan menarik, menu pada Gnome juga sangat mudah digunakan. Gnome sendiri termasuk DE yang mudah di kustomisasi.

XFCE
 

XFCE juga termasuk DE yang populer. Saat ini lumayan banyak yang menggunakan DE ini untuk diinstall pada Linux Os mereka. karena sederhana, dan DE ini ramah sumber daya. jadi bisa sedikit menghemat.

KDE
 

berikutnya KDE. Tampilannya yang benar benar enak dipandang dan mudah dikustomisasi menjadikan DE ini disukai banyak pengguna Linux. Selain mudah dikustomisasi, DE ini juga cukup fleksibel. KDE sendiri membawa koleksi aplikasi nya sendiri, dan kita tidak memerlukan aplikasi tambahan untuk meng-kustom KDE.
Beberapa distro yang menggunakan KDE sebagai DE default adalah OpenSUSE dan Kubuntu.

LXDE


DE ini juga lumayan banyak pengguna. karena DE ini sangat ringan dan enak digunakan, DE ini juga didesain user friendly sehingga tidak membingungkan.

MATE


MATE juga cukup populer. DE ini dikembangkan dari GNOME 2. Dan ditujukan bagi user yang tidak mau berpindah ke GNOME 3. MATE sendiri hadir dengan koleksi aplikasi dari GNOME 2. 
 *Demikian catatan singkat dari saya. karena saya hanyalah pengguna pemula Linux & semoga bermanfaat.
Sumber data sebagian dikutip dari berbagai sumber.

Spesial sumber gambar by linuxsec.org

No comments:
Write komentar

Translate