Tuesday, September 12, 2017

Linux Terbaik Untuk Membangun Server

Linux Terbaik Untuk Membangun Server

Buat kalian yang ingin membuat ataupun sedang belajar tentamg server saya akan merekomendasikan beberapa linux terbaik untuk pengmbangan server, berikut adalah beberapa linux yang cocok untuk membangun sebuah server. 

Ubuntu Server
Banyak sekali varian yang ditawarkan dari salah satu Distro populer ini bagi penggunanya, terutama untuk membangun server Ubuntu adalah yang populer digunakan terutama bagi yang pemula dalam membangun server, karena ubuntu menawarkan kemudahan dan keramahan bagi penggunanya. server ynag dibangun ubuntu sangat cocok untuk server media, game dan server email.


Red Hat Enterprise Linux (RHEL)
Sistem operasi server Red Hat Enterprise Linux (RHEL) sekarang menjadi kekuatan utama dalam pencarian rackspace pusat data. kenapa redHat dipilih, karena beberapa Distro Linux hacking dan penetration test berawal dari sini. itu yang membuat redHat diminati karena sudah di desain sebagai pengaman termasuk server.  


SUSE Linux Enterprise Server
Kenapa linux ini sering dipilih karena mudahnya perawatan dan SUSE Linux Enterprise Server menawarkan dukungan respon cepat untuk kalian yang tidak memiliki waktu dan ingin mengatasi masalah dengan cepat, tim konsultan SUSE akan membantu untuk mengatasi kesulitan yang kalian hadapi. tapi di indonesia sendiri ada forum yang bisa membantu kita jika menghadapi kesulitan dalam merawat server. 


CentOS
Buat kalian yang mengoprasikan situs web dari perusahaan penyedia web hosting, kemunginan CentOS cocok untuk kalian coba, kemudian linux ini juga turunan dari RedHat yang membuat CentOS bisa dipercaya sebagai system server, centOS sebagian besar sudah beroprasi sebagai poyek yang dikembangkan komunitas yang menggunakan RHEL.



Debian
Banyak distro linux yang berbasis dari debian salah satu yang populer adalah Ubuntu, dan Lumayan banyak yang memakai linux ini, di sekolah pun saya belajar linux server dari debian. tapi karena pihak pengembangnya dari proyek debian (sukarelawan dan komunitas) yang membuatnya jarang update masanya tidak menentu bisa sampai 3th - 5th sekali.


Oracle Linux Server
Dari namanya saja sudah tidak asing, Oracle memang dikembangkan dari pihak Oracle Corporation yang Dioptimalkan untuk layanan database Oracle. Oracle linux dulunya adalah Oracle Enterprise Linux yang berasal dari Red Hat Enterprise Linux yang sudah dikembangkan lagi oleh pihak Oracle.




Mageia / Mandriva
Di indonesia sendiri tidak pegitu populer, Distribusi Mandriva Linux dibangun dengan sangat baik oleh pihak pengembang, Linux ini berasal dari Prancis dan mendapat penerimaan ekstrem di Eropa dan Amerika Selatan. Nama Mandriva dan konstruksinya berasal dari distribusi Mandrake Linux dan Connectiva Linux.


ClearOS
Satu lagi keturunan RHEL yaitu ClearOS, ClearOS adalah sistem operasi Linux open source berbasis Red Hat Enterprise Linux dan CentOS yang menggabungkan platform server, jaringan dan gateway. Dulunya bernama ClarkConnect, sekarang ClearOS telah mendapatkan daya tarik sebagai pilihan server Linux yang layak, terutama di pasar bisnis kecil.


Arch Linux
Kemudiaan Arch Linux, di indonesaia sendiri Arch linux sudah dikenal baik terlihaat dari banyaknya komunitas penggunanya. tapi kebanyakan dari pengguna di indonesia dipakai untuk aktifitas sehari-hari yaitu dengan GNU/Linux. linux ini memang kurang cocok untuk server karena agak susah menggunakannya dalam server tapi bukan berarti  tidak bisa. yang membuatnya enak adalah linux ini sangat sederhana dan ringan.


Slackware
Bisa dibilang ini adalah server linux tertua dalam dunia linux. rilis awalnya pada tahun 1993, walaupun kurang populer tetapi linux ini mempunyai basis pengguna yang luas dan setia. 

No comments:
Write komentar

Translate